Asuransi
Cara Membeli Asuransi Di Indonesia

Cara Membeli Asuransi Di Indonesia

Cara membeli asuransi di Indonesia sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Terutama karena di era internet seperti sekarang, produk asuransi dapat dibeli dengan mudah hanya melalui komputer atau ponsel Anda. Tanpa harus bertemu dengan agen asuransi, Anda bisa langsung membeli produk-produk asuransi yang Anda butuhkan.

Tetapi, kekurangan membeli asuransi secara online adalah Anda tidak bisa bertemu langsung dan bertatap muka dengan pihak asuransi. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli asuransi online di Indonesia. Apa saja hal-hal penting tersebut? Berikut ini kami jelaskan cara membeli asuransi online di Indonesia.

Cara Membeli Asuransi Online Di Indonesia

  1. Buka Situs Resmi Asuransi

Cara yang paling mudah adalah dengan membeli produk asuransi melalui situs online perusahaan penyedia asuransinya langsung. Dengan begini Anda tidak perlu khawatir mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atau semacamnya. Setelah Anda memutuskan asuransi apa yang ingin Anda beli, lakukan pembelian dengan cara klik beli. Biasanya, pihak asuransi akan meminta data diri Anda seperti KTP, KK, NPWP dan dokumen-dokumen penting lainnya.

Setelah mengunggah file-file yang dibutuhkan, biasanya pihak asuransi akan langsung memproses permohonan pengajuan asuransi Anda. Setelah pihak asuransi menerima permohonan Anda, polis akan terbit dan Anda harus mulai membayar polis agar asuransi tetap aktif. Jangan lupa untuk selalu mengecek status pembayaran polis Anda, jika polis tidak dibayar dalam waktu yang cukup lama, maka polis dapat dinonaktifkan. Pembayaran asuransi online biasanya dilakukan dengan autodebet atau melalui transfer rekening.

  1. Buka Situs Broker Produk Asuransi

Selain melalui situs resmi penyedia produk asuransi, pembelian produk asuransi juga dapat dilakukan melalui situs broker produk asuransi. Situs ini biasanya membandingkan berbagai macam produk asuransi yang dapat dibeli di pasaran. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memilih mana asuransi yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

Pembelian melalui situs ini sangat dianjurkan jika Anda belum mengerti produk asuransi mana yang sesuai dengan Anda. Penjelasan mengenai manfaat, premi, plafon dan persyaratan tentang asuransi dapat Anda temukan di situs broker produk asuransi ini.

Banyak sekali situs broker produk asuransi di Indonesia terutama akibat berkembangnya dunia internet. Beberapa yang paling terkenal adalah Lifepal dan Roojai.id. Hal yang perlu diingat adalah tidak semua produk asuransi bekerja sama dengan broker secara langsung. Pada asuransi tertentu, Anda bisa melakukan pembelian langsung melalui situs broker, tapi bagi asuransi yang tidak bekerja sama, Anda tetap harus melakukan pembelian di situs penyedia jasa asuransi.

  1. Beli di E-commerce

Pembelian produk asuransi juga dapat dilakukan di situs-situs belanja online atau e-commerce. Produk asuransi yang dijual di sini juga bermacam-macam, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan lainnya. Pembelian melalui e-commerce tentu akan sangat mudah dilakukan daripada pembelian langsung dengan mendatangi perusahaan terkait untuk membeli asuransi. Anda dapat memilih langsung melalui ponsel dan komputer Anda produk asuransi yang paling tepat untuk Anda gunakan. Jangan khawatir, pembelian melalui e-commerce ini dijamin 100% aman karena penjualan dilakukan oleh perusahaan penyedia produk asuransi.

Cara Membeli Asuransi Offline

  1. Datangi Kantor Asuransi

Jika Anda berniat untuk membeli produk asuransi secara langsung melalui kantor fisik, Anda bisa mendatangi kantor perusahaan penyedia jasa asuransi. Jangan lupa untuk siapkan dokumen-dokumen penting data diri Anda seperti KTP, KK, NPWP dan dokumen lain yang dibutuhkan. Ketika sampai kantor asuransi, Anda bisa bilang kepada satpam bahwa Anda ingin membeli produk asuransi. Biasanya Anda akan diarahkan ke customer service untuk melihat produk-produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk menanyakan secara detail tentang asuransi yang akan dibeli, karena asuransi biasanya memiliki persyaratan yang tidak sedikit.

  1. Beli Dari Agen Asuransi

Agen asuransi adalah anggota dari perusahaan asuransi yang bertugas memasarkan produk-produk asuransi yang tersedia. Perhatikan tanda pengenal dari agen asuransi sebelum Anda berbicara dengan agen tersebut. Jika sudah yakin bahwa agen asuransi adalah agen resmi, maka Anda dapat berbicara tentang asuransi yang ingin Anda beli. Kelebihan membeli dari agen asuransi adalah agen dapat datang ke tempat Anda bila diminta, dan transaksi dapat dilakukan di tempat yang Anda minta. Kelebihan lain adalah karena Anda sudah mengenal agen asuransi, maka Anda dapat membantu mengurus klaim atau perselisihan yang lain dengan perusahaan asuransi melalui agen yang membantu Anda membeli produk asuransi.

Nah, begitulah penjelasan kami mengenai cara pembelian asuransi online dan offline di Indonesia. Pembelian melalui internet tentu lebih mudah dan lebih cepat, tetapi kekurangannya adalah tidak terjadi tatap muka antara nasabah dan pihak asuransi. Hal ini akan menyulitkan jika di kemudian hari terjadi perselisihan soal klaim atau semacamnya. Bagaimana? Anda lebih suka membeli produk asuransi langsung atau melalui internet?diperhatikan dalam membeli asuransi online di Indonesia. Apa saja hal-hal penting tersebut? Berikut ini kami jelaskan cara membeli asuransi online di Indonesia.